Pelatihan Pekerti PNP Diikuti 52 Orang Dosen CPNS dan PNS Baru dari Kampus Utama dan PSDKU

Pelatihan Pekerti PNP Diikuti 52 Orang Dosen CPNS dan PNS Baru dari Kampus Utama dan PSDKU

PNP News. Untuk meningkatkan dan mengembangkan wawasan pedagogik ‘strategi mengajar’, yang mencakup metodologi dan keterampilan mengajar agar kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa meningkat,  Pusat Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (P3AI) Politeknik Negeri Padang (PNP) menggelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti), di Aula Gedung C, Lantai 2 PNP, Senin, 15 Maret 2021.

 

Menurut Direkrur PNP, Surfa Yondri, bagi peserta, pelatihan tersebut bertujuan agar mereka lebih memahami prinsip pendidikan vokasi yang dijalankan oleh PNP sehingga ketika mengajar nanti mereka sudah terampil memberikan pelayanan yang pas dengan prinsip pendidikan vokasi.

Luaran yang diharapkan setelah peserta mengikuti pelatihan tersebut adalah mereka mampu merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik yang tercermin dalam dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang diampu. Mereka juga mampu mendemonstrasikan kemampuan metode pembelajaran dengan tepat dan sesuai dengan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang diampu melalui kegiatan Micro Teaching. Para peserta juga diharapkan mampu mengukur CP-MK dan CP lulusan yang dibebankan pada mata kuliah yang diampu.

Ketiga luaran tersebut diharapkan sesuai dengan pembelajaran di Era Revolusi lndustri serta arah kebijakan Kemendikbud guna mewujudkan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

PSDKU Meningkatkan Akses Pendidikan Masyarakat

Di sisi lain, Direktur menyatakan, pembukaan PSDKU-PNP yang merupakan kelanjutan dari Program Studi Diluar Domisili (PDD) ditujukan untuk meningkatkan akses pendidikan (APK) bagi masyarakat sesuai kebutuhan pemerintah daerah.

Keberadaan PSDKU ini menurut Direktur dibuka berdasarkan dukungan dari pemerintah daerah. Sehubungan dengan itu, calon dosen PSDKU diharapkan dapat memahami pola pendidikan vokasi yang akan diterapkan di kampus PSDKU-PNP.

Sukartini, Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan, Pelatihan tersebut dilaksanakan dalam 2 tahap. Dalam tahap pertama, 15-17 Maret 2021, peserta diberikan materi tentang Metodologi Pembelajaran yang dilaksanakan secara  daring untuk PNP dan luring untuk PSDKU.  Dalam tahap dua, 22-23 Maret 2021, peserta diberikan materi tentang Praktik Micro Teaching yang dilaksanakan secara luring.

Pelatihan tersebut menghadirkan fasilitator dosen senior PNP, Agus Kamar, Alhapen R. Chandra, Martini, Yuhefizar, dan Alwys yang kebetulan berhalangan hadir karena mendadak dirawat di rumah sakit.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

d®amlis

Fotografer Naswiradianto